Ini Dia Cara Menggunakan dan Merawat Astoria Machine Espresso

0 Comments
ilustrasi mesin kopi

Astoria machine espresso merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membuat espresso. Biasanya mesin ini lebih banyak dipakai oleh cafe-cafe bila dibandingkan dengan pemakaian secara pribadi. 

Guna menyajikan secangkir espresso dengan memakai astoria machine espresso ada beberapa langkah yang perlu dilakukannya. Serta pentingnya merawat astoria machine espresso agar mesin tetap awet.

Langkah-Langkah Pemakaian Astoria Machine Espresso

Berikut adalah langkah-langkah pemakaian astoria machine espresso, diantaranya:

  1. Membersihkan Portafilter

Sebelum mulai membuat espresso dengan memakai astoria machine espresso, Anda perlu terlebih dahulu untuk membersihkan portafilter. Cara ini penting dilakukan sebab proses air panas akan dialirkan secara cepat menuju ground coffee selanjutnya mengalir lewat lubang akhir pada portafilter ke dalam cup.

  1. Dose Espresso

Dose Espresso merupakan langkah kedua dalam memakai astoria machine espresso dalam menentukan jumlah takaran espresso yang ingin disajikannya atau berkaitan dengan rasio bubuk kopi dengan air yang dipakai dalam membuat espresso.

  1. Distribute Espresso

Distribute Espresso merupakan langkah untuk memastikan bubuk kopi menyebar ke semua portafilter dan memastikan setiap bubuk kopi menerima air seduhan dengan kecepatan dan tekanan yang sama ketika ekstraksi di dalam astoria machine espresso.

  1. Tamping Espresso

Langkah ini digunakan untuk menentukan tekanan yang tepat pada tamping bubuk kopi ke portafilter. Semakin kuat tekanan yang diberikan ketika tamping, maka air seduhan lebih lambat diekstraksi dan bubuk kopi menjadi padat. Sedangkan tekanan yang rendah membuat air seduhan mengalir lebih cepat.

  1. Ekstraksi Kopi

Pada langkah ekstraksi kopi dibutuhkan waktu sesuai dengan takaran kopi masing-masing. Umumnya diperlukan waktu 30 detik untuk menghasilkan 1,5 oz atau 36 gram kopi espresso.

Cara Merawat Astoria Machine Espresso

Terdapat beberapa cara merawat astoria machine espresso, diantaranya:

  1. Hindari Pemakaian Bahan Kimia

Sebab endapan bahan kimia tertentu yang dipakai untuk membersihkan dapat mempengaruhi cita rasa kopi.

  1. Hindari Pemakaian Air Panas

Sebab bagian mesin terbuat dari bahan kaca yang dapat pecah bila terkena air panas.

  1. Gunakan Sikat atau Lap Halus

Supaya mesin tetap awet, Anda perlu membersihkan mesin menggunakan sikat atau lap halus. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai Astoria machine espresso dan beberapa cara untuk merawatnya. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published.