Butuh Dana? Begini Cara Gabung Koperasi Simpan Pinjam

0 Comments
Ilustrasi perhitungan bunga di koperasi simpan pinjam

Kemunculan koperasi di Indonesia mempunyai tujuan yang begitu mulia yakni ingin membebaskan pribumi dari jeratan utang piutang dan membantu dalam usaha mensejahterakan kehidupan. Sedikit berbeda dari bank, koperasi simpan pinjam punya persyaratan yang sangat sederhana. Bagaimana cara daftar dan mengambil pinjamannya?

Cara Daftar Jadi Anggota Koperasi

Koperasi adalah organisasi berlandaskan hukum yang menjunjung tinggi asas kekeluargaan di dalamnya. Organisasi tersebut tersebar di seluruh provinsi Indonesia dan telah berdiri sejak 1895.

Koperasi terbagi dalam beberapa bentuk dan penawaran program yang bisa masyarakat manfaatkan, tetapi dengan syarat harus menjadi anggotanya terlebih dulu. Bagaimana caranya?

1. Warga Negara Indonesia

Syarat pertama adalah calon anggota haruslah berkewarganegaraan Indonesia saja.

2. Mengisi Formulir

Berikutnya, calon anggota mengisi formulir data diri beserta pengajuan untuk pinjaman dana.

3. Fotokopi KTP dan KK

Pendaftar wajib melampirkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarganya. Pastikan data yang tertulis benar dengan foto KTP yang terlihat jelas agar memudahkan proses daftar.

4. Lampiran Slip Gaji dan Pembayaran PBB

Anda perlu melampirkan slip gaji bulanan beserta bukti pembayaran PBB (pajak bumi dan bangunan). Jika tidak ada lampiran PBB, Anda bisa menggunakan rekening listrik.

5. Proposal Peminjaman

Langkah terakhir yang mesti dilakukan adalah melampirkan proposal untuk peminjaman dana. Proposal tersebut berisikan apa tujuan Anda dalam menggunakan dana yang nanti diperoleh.

Di sini usahakan Anda menjelaskan setiap tujuannya dengan detail.

Cara Meminjam Uang di Koperasi

Setelah resmi terdaftar sebagai anggota, berikut ini ada beberapa cara meminjam dana di koperasi simpan pinjam.

1. Penuhi Syarat Dokumen

Pertama, Anda harus memenuhi persyaratan dokumen diantaranya mengisi terlebih dulu formulir pengajuan dilengkapi fotokopi KTP, Kartu Keluarga, surat menikah (bagi yang sudah), slip gaji, rekening listrik.

Jika Anda akan meminjam dana lebih dari 50 juta, maka perlu menyiapkan juga fotokopi NPWP.

2. Menyiapkan Jaminan

Meminjam di koperasi memang berbunga rendah, tetapi masih harus menyiapkan jaminan. Jaminan yang bisa digunakan berupa sertifikat rumah atau kendaraan bermotor, deposito dan lainnya.

3. Buat Proposal

Jangan lupa siapkan juga proposal berisikan apa saja tujuan dana yang akan dipinjam tersebut. Tuliskan semuanya dengan jelas dan terperinci agar cepat disetujui oleh pihak koperasi.

4. Wawancara

Bagi yang ingin meminjam dana untuk keperluan bisnis, Anda perlu melakukan sesi wawancara bersama dengan petugas. Pertanyaan yang diajukan pastinya akan seputar bisnis yang dijalankan.

5. Akad Pinjaman

Setelah melengkapi berkas dan syarat-syaratnya, Anda harus menunggu beberapa hari untuk pengecekan dan apabila disetujui maka selanjutnya tinggal membahas perihal akad peminjaman.

Ternyata meminjam lewat koperasi simpan pinjam begitu sederhana dan bunganya juga rendah. Anda yang tertarik mencoba bisa langsung mendatangi koperasi terdekat. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published.