Ini Dia Cara Menggunakan Kalkulator Kredit

0 Comments
menggunakan kalkulator kredit untuk menghitung suku bunga dan daftar angsuran

Apakah kamu sudah pernah mendengar istilah kredit? Jika kamu pernah meminjam uang atau keluargamu pernah melakukan pinjaman, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah kredit ini. Biasanya pasangan yang baru membina keluarga juga tidak asing lagi dengan istilah kredit untuk memenuhi kebutuhannya saat merintis rumah tangga. Simak penjelasan prosedur pengajuan kredit ke bank.

Kredit merupakan pinjaman yang diberikan oleh pihak pemberi pinjaman kepada peminjam yang akan digunakan untuk hal – hal yang dibutuhkan dan akan dibayar oleh peminjam dalam kurun waktu yang telah ditentukan sesuai janji. Saat pemberi pinjaman dan peminjam telah sepakat biasanya mereka akan membuat surat perjanjian.

Dalam surat perjanjian terkait kredit akan tersedia informasi mengenai jumlah yang harus dikembalikan, jumlah suku bunga yang harus dibayar, serta waktu untuk mengembalikan pinjaman. Dari proses prosedur pengajuan kredit ke bank atau pinjaman ini, kamu harus memahami seluruh alur peminjaman agar terhindar dari penipuan.

Namun sebagai peminjam, kamu juga harus menepati janji yang telah kamu katakan kepads pemberi pinjaman dengan cara membayar pinjaman tepat waktu sesuai waktu disepakati, pinjaman yang dikembalikan juga jumlahnya tidak boleh kurang. Untuk memahami hal – hal ini, ada baiknya kamu melakukan simulasi kredit terlebih dahulu sebelum meminjam.

Simulasi kredit dapat dilakukan dengan kalkulator kredit. Kalkulator ini membantu semua orang untuk melakukan simulasi kredit agar lebih paham. Simulasi kredit menggunakan kalkulator sangatlah mudah jika memahami caranya. Biasanya simulasi kredit ini juga dapat dilakukan secara online dengan mengakses link simulasi kredit dari setiap perusahaan atau lembaga yang memberikan pinjaman. 

Cara menggunakan kalkulator kredit sangat simple dengan cara memasukkan data pinjaman yang diinginkan dan kalkulator simulasi kredit akan menghitung suku bunga dalam bentuk persen. Nantinya, kalkulator ini akan menyajikan tabel yang berisi daftar angsuran yang harus dibayar. Simak cara berikut untuk lebih detailnya

  1. Buka website lembaga atau perusahaan yang memberi pinjaman
  2. Klik menu simulasi kredit
  3. Masukkan rencana prosedur pengajuan kredit ke bank atau pinjaman
  4. Masukkan jangka waktu pinjaman
  5. Pilih metode anuitas atau flat
  6. Klik ok atau proses, hasil dari data yang dimasukkan akan muncul


Leave a Reply

Your email address will not be published.