Ini DIa Jenis Baja Ringan yang Cocok Buat Konstruksi Bangunan

0 Comments
Ilustrasi Pabrik Baja Ringan

Bagi anda yang ingin membangun rumah atau perkantoran, pabrik baja ringan menjadi salah satu jenis material yang paling banyak digunakan. Baja ringan dipilih tentunya karena memiliki bobot yang ringan tetapi memiliki ketahanan yang kuat atau kokoh. Yuk untuk lebih jelasnya kita simak beberapa jenis baja ringan beserta fungsinya berikut ini.

Baja Ringan Kaso atau Truss

Baja ringan kaso atau truss memiliki bentuk yang menyerupai profil huruf W dan huruf C. Jenis baja ringan kaso tipe C memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan tipe W. Fungsi baja ringan kaso ini cocok diaplikasikan untuk anda yang ingin mendirikan bangunan yang memiliki beban konstruksi tidak begitu berat.

Contoh pengaplikasian baja ringan kaso ini adalah untuk membuat kanopi teras rumah. Tipe baja ini mudah dalam pemasangan dan anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Standar dalam pasaran baja kaso umumnya ada yang panjang 3-meter dan juga 6 meter. Untuk harganya tergantung dengan ketebalan baja, ukuran, dan jenisnya.

Baja Ringan Taso atau Hollow

Berbeda dengan baja ringan kaso, jenis baja ringan taso ini memiliki bentuk yang mirip profil huruf A. Baja ringan taso biasanya digunakan untuk mengikat baja reng dan bentuknya mirip dengan balok kecil. Fungsi baja ringan ini sangatlah cocok bila anda ingin rangka atap rumah yang kuat, apalagi dengan memilih ukuran taso yang tebal.

Selain untuk rangka atap, pabrik baja ringan taso juga bisa dimanfaatkan untuk pengikat tiang utama atau kuda-kuda. Tidak hanya itu, model baja ringan taso juga banyak digunakan untuk memperkuat gording dan memperbagus peletakan susunan pada atap bangunan. Bila melihat dari segi harga, baja taso lebih mahal dibandingkan dengan baja kaso, hal tersebut karena baja taso lebih tebal dan ada yang memiliki lapisan logam zincalume.

Baja Ringan Reng

Fungsi baja ringan reng ini sangat sering dimanfaatkan sebagai tempat meletakkan genteng di rangka atap. Baja ringan reng ini lebih mudah dikenali karena terlihat seperti balok kecil bila dilihat dari luar. Istilah lain dari reng adalah baja ringan profil B. Sebelum ada baja reng, kebanyakan orang menggunakan bambu sebagai rangka.

Akan tetapi, penggunaan bambu memiliki keterbatasan waktu untuk membuatnya kuat, selain itu seiring waktu juga bisa mengalami pelapukan. Oleh karena ini adanya inovasi baja reng ini meningkatkan fungsionalitas pada industri konstruksi. Harga reng sendiri bervariasi tergantung kualitas SNI seperti ketebalan dan panjang reng.

Itu dia beberapa jenis baja ringan yang sering digunakan dalam industri konstruksi. Ada beberapa jenis baja ringan lain yang bisa anda temui yaitu spandek, bondek, bara ringan kanal C, dan lainnya. Tentunya adanya pabrik baja ringan ini selain memperkuat kerangka rumah anda juga memberikan kesan yang rapi dan indah.


Leave a Reply

Your email address will not be published.