Belajar Matematika yang Asyik dan Menyenangkan Melalui Bimbel

0 Comments
les matematika

Pelajaran matematika selalu dianggap pelajaran yang paling sulit. Banyak anak-anak yang mengeluh belajar matematika karena tidak tahu cara menyelesaikan soal-soal perhitungan. Para orang tua yang kesulitan membantu anaknya menyelesaikan persoalan matematika, biasanya mereka memasukkan anaknya ke bimbel (bimbingan belajar). Belajar bimbel tentu suasana berbeda dengan belajar formal seperti di kelas. Pembelajaran di bimbel lebih asyik dan menyenangkan, karena tutor akan lebih terbuka dengan siswanya. Para siswa bimbel diperbolehkan untuk bertanya apa saja mengenai materi-materi yang sulit. Dalam hal ini siswa akan jauh lebih memahami dengan trik cepat menyelesaikan persoalan matematika. Berikut ini cara asyik belajar matematika dan menyenangkan melalui les matematika :

  • Membuat video cara mengerjakan soal dengan memakai video animasi

Belajar matematika tidaklah sulit, hanya saja mindset yang telah lama dibangun bahwa matematika itu sulit. Sehingga akan menjadi kesulitan tersendiri saat melihat soal-soal matematika. Membuat video animasi merupakan cara terbaru untuk menarik perhatian siswa. Anak-anak yang sering bermain gadget untuk nonton, sekarang bisa dibantu menonton sambil belajar. Video animasi ini bertujuan untuk mendorong Anak supaya terlatih belajar secara mandiri, penjelasannya lebih mudah untuk dipahami, dan juga kemampuan visualnya dan animasi juga mudah dipahami anak. Bimbel matematika yang menerapkan metode ini akan memberikan semangat belajar siswa untuk berusaha menyelesaikan soal-soal matematika dengan mudah dan menyenangkan. 

  • Bermain game sambil belajar

Waktu yang digunakan anak-anak akan lebih sering digunakan untuk waktu bermain sambil belajar. Digital juga mempunyai peranan yang besar untuk bidang pendidikan apabila dimanfaatkan dengan baik, seperti membuat game yang membantu Anda dalam menyelesaikan soal-soal matematika atau disebut juga dengan kuis namun masih aja Beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan kapan anaka. Berikan dukungan dan motivasi untuk menarik perhatian agar tertarik untuk belajar. Motivasi yang diberikan akan membangun kepercayaan diri anak-anak dalam mengerjakan soal matematika. Memberikan reward untuk anak yang mampu mengerjakan soal-soal latihan dengan benar. Anak juga akan belajar dengan proaktif tanpa harus dipaksa terlebih dahulu. Begitu banyak bimbel yang mencakup materi pelajaran yang lengkap, pilih  bimbel yang berkualitas dan menyediakan fasilitas yang lengkap. Selain itu, peran orang tua juga penting untuk perkembangan akademik anak. Metode belajar sambil bermain ini terdengar lebih sering di sekolah TK. Namun di SD pun juga masih cocok diterapkan, dimana para siswa juga masih suka bermain. Di tambah anak-anak saat ini lebih sering menatap smartphone dibanding belajar, jika pelajaran matematika di bikin menarik seperti membuat aplikasi pembelajaran matematika baik soal-soal disertai pembahasannya. Dengan begitu anak akan lebih semangat belajar bimbel matematika dan menganggap bahwa pelajaran matematika tidaklah sulit. 


Leave a Reply

Your email address will not be published.