4 Pertimbangan Penting Sebelum Daftar Kuliah Sistem Online

0 Comments
pertimbangan sebelum daftar kuliah online

Layanan kuliah sistem online memang lebih efisien. Para mahasiswa cukup mengikuti pembelajaran dan kurikulum yang sudah ditentukan tanpa batasan fisik lokasi. Sayangnya, sistem online ini belum tentu cocok untuk beberapa golongan mahasiswa. Untuk pastikan Anda siap kuliah online, pertimbangkan dulu 4 hal penting ini!

1. Apakah Anda Siap Belajar Mandiri?

Setiap orang memiliki gaya belajar yang efektif masing – masing. Beberapa mahasiswa lebih mudah belajar jika mendengarkan dosen menjelaskan di kelas. Sedangkan sebagian mahasiswa lain, lebih memilih belajar membaca buku sendiri untuk serap ilmu.

Dalam kuliah online, tipe kedua ini jauh lebih cocok. Jika Anda mampu belajar sendiri tanpa gantungkan penjelasan dosen, Anda sudah siap kuliah secara online. Sebaliknya, jika Anda adalah tipe yang butuh penjelasan di kelas, Anda harus siap melakukan penyesuaian.

2. Harus Mau Aktif Interaksi Kuliah Online

Interaksi selama pembelajaran kuliah online sangat sedikit. Umumnya, mahasiswa diberikan materi belajar, forum diskusi dan tugas dari dosen. Karena faktor ini, banyak mahasiswa yang menjadi pasif dan kurang mampu menonjolkan diri selama kuliah.

Padahal jika ingin dapat nilai tinggi selama kuliah sistem online, mahasiswa harus mau aktif. Mulai dari hubungi dosen untuk bertanya materi dan aktif selama diskusi group, harus mampu dilakukan sendiri.

3. Mampu Membagi Waktu dan Belajar Disiplin

Pihak kampus tidak akan membatasi waktu belajar para mahasiswa-nya saat kuliah online. Karena tidak ada jadwal pasti seperti kelas kuliah biasa, Anda harus pastikan mampu bagi waktu.

Kebanyakan orang mahasiswa sering menjadi malas karena tidak ada aturan solid seputar waktu kuliah ini. Akhirnya, mereka lebih kewalahan seputar deadline tugas.

4. Fasilitas Online Harus Memadai

Fasilitas internet harus benar – benar siap untuk kuliah online. Jangan sampai ada masalah internet lambat atau kuota habis saat penting dibutuhkan. Bayangkan mengalami disconnect saat mengerjakan test penting kuliah. Hal ini dapat pengaruhi nilai kelulusan Anda nantinya. 

Selama Anda mampu menyanggupi hal – hal di atas, Anda tergolong siap menggunakan kuliah sistem online. Sukses dalam sistem kuliah ini ditentukan oleh motivasi dan management diri yang baik.  Karena itu, pastikan Anda benar – benar siap agar lebih mudah sukses kuliah online!


Leave a Reply

Your email address will not be published.