Sisi Buruk Tempat Kursus

0 Comments
Ilustrasi siswa yang mengerjakan soal matematika

Tempat les atau yang biasa dikenal sebagai tempat kursus menjadi salah satu wilayah yang menyenangkan bagi sebagian siswa. Selain bisa menemukan tempat baru dan orang-orang yang menyenangkan. Biasanya tempat kursus juga kerap menjadi ajang baru bagi beberapa siswa untuk menemukan metode belajar yang lebih efektif dan menyenangkan daripada metode belajar yang berasal dari sekolah. Beberapa kursus mata pelajaran yang sangat banyak diminati oleh siswa adalah kursus matematika fisika kimia.

Salah satu tempat kursus yang cukup ramai di beberapa daerah adalah kursus matematika, fisika dan kimia. Selain karena ketiga mata pelajaran itu sulit dipahami, biasanya melalui tempat kursus ini siswa akan menjadi lebih menyukai ketiga mata pelajaran tersebut karena berkenalan dengan cara dan metode yang lebih praktis. Namun ada pula sisi negatif yang nampaknya perlu diketahui oleh para orang tua sebelum berniat memasukan anaknya ke lembaga kursus matematika, fisika dan kimia. Berikut ulasan singkat dari sisi negatif tersebut: 

Tidak Bisa Dipaksakan

Einstein pernah mengatakan, bahwa setiap anak pintar menurut menurut bidangnya masing-masing, jangan sekali-kali menilai seekor ikan dari cara dia memanjat pohon. Sebab itu akan membuat si ikan merasa dia bodoh seumur hidup. Bagaimanapun ikan bukanlah katak, begitu pula sebaliknya. Hal ini juga berlaku pada siswa atau anak yang dimiliki oleh seluruh orang tua di dunia. 

Jika seorang anak tidak memiliki bakat di bidang matematika, fisika dan kimia maka jangan dipaksakan. Meskipun telah masuk sebuah lembaga kursus ternama dan dilatih habis-habisan, namun itu bukan sesuatu yang dia sukai, maka akan sangat sulit bagi siswa itu untuk menyukai dan menjadikan ketiga mata pelajaran itu bagian dari tujuan hidupnya. Semua siswa memiliki kepandaiannya masing-masing. Orang tua dan guru juga sangat perlu memperhatikan hal itu. 

Memforsir Kesehatan Fisik dan Mental

Jika siswa itu tergolong anak yang aktif di sekolah dan memiliki waktu yang sangat sedikit di rumah, perlu dipertimbangkan kembali untuk memasukkannya ke lembaga kursus matematika, fisika dan kimia. Sebab waktunya akan terbuang di luar, ikatan emosional antara anak dan orang tua akan sangat sulit terjalin. Bahkan bisa jadi hal ini bisa memicu stress dini kepada mental anak. Pertimbangkan kembali pembagian waktu yang sesuai, agar anak juga memiliki waktu istirahat, bermain, santai dan bercengkrama bersama keluarga.


Leave a Reply

Your email address will not be published.