Jangan Kredit Motor Kalau Belum Tau Hal Ini!

0 Comments
cara kredit motor online

Membeli motor kini sudah menjadi hal wajar karena kebutuhan. Bagi kalangan menengah keatas mudah saja membeli motor secara cash. Namun, bagi kalangan menengah kebawah belum tentu punya budget yang cukup, maka kredit motor adalah salah satu solusinya. Berikut ini syarat dan tips menarik yang perlu kamu tahu sebelum kredit motor, supaya paham cara kredit motor online.

Syarat Kredit Motor

Berikut ini beberapa syarat kredit motor secara umum yang harus kamu ketahui.

  1. Bekerja/memiliki pendapatan

Pastikan kamu sudah bekerja atau memiliki pendapatan. Ini menjadi kriteria pertama sebagai kesanggupan untuk melunasi utangnya.

  1. Lolos pengecekan Bank Indonesia

Mengapa hal ini penting? Karena pihak leasing akan memeriksa riwayat kredit dan memastikan nama kamu bersih dari permasalahan apapun dengan Bank Indonesia.

  1. Membawa dokumen yang diperlukan

Syarat utama kredit motor yaitu mempunyai KTP WNI. Apabila sudah menikah wajib membawa KTP milik pasangan beserta akta nikah. Selain itu perlu Kartu Keluarga (KK), rekening listrik/telepon/PDAM, bukti kepemilikan tempat tinggal/tempat usaha bagi perusahaan, slip gaji, dan NPWP.

  1. Usia mencukupi

Kebijakan ini berbeda-beda tergantung dari pihak leasing yang dipilih, namun umumnya usia minimal 21 tahun, sedangkan usia maksimal memperhitungkan rata-rata pensiun.

  1. Survey

Syarat ini syarat terakhir setelah syarat di atas lengkap. Pihak leasing akan melakukan survey ke rumah atau tempat usaha yang dimiliki. Biasanya tahap ini merupakan tahap penentuan apakah permintaan kreditmu diterima atau tidak.

Tips Kredit Motor

Setelah tau berbagai persyaratan kredit motor diatas, kamu harus tau beberapa tips menarik untuk kredit motor berikut ini

  1. Kenali kemampuan finansial kita

Hal ini menjadi sangat penting untuk tolak ukur sejauh mana kemampuan finansial kita dalam mengelola keuangan. Tidak perlu terburu-buru dan terpengaruh iklan dengan embel-embel kredit motor murah, kredit motor tanpa DP, dan penawaran lainnya. Kamu bisa kredit motor jika benar-benar butuh dan kondisi finansial sudah siap.

  1. Kenali pihak leasing

Kamu harus bisa memilih pihak leasing yang terpercaya, bisa dicari melalui website maupun review dari internet. Pastikan pihak leasing yang akan kamu pilih bebas dari permasalahan dengan pihak lain.

  1. Pilihlah kredit dengan DP besar dan tenor pendek

Pengajuan kredit dengan DP diatas 30% lebih mudah dan cepat disetujui karena dianggap sebagai bukti keseriusan. Lalu tenor 1-2 tahun dianggap lebih menjanjikan daripada tenor panjang.

  1. Diskusi dengan keluarga

Poin ini sangat penting karena dengan adanya komunikasi dan kesepakatan anggota keluarga yang matang, tentu untuk kedepannya agar tidak timbul permasalahan baru.

Beberapa hal diatas perlu harus kamu ketahui dan pahami sebelum kredit motor. Bijaklah dalam mengambil keputusan dan pikirkan konsekuensinya dengan baik. Ingat! Langkahmu menentukan masa depanmu.


Leave a Reply

Your email address will not be published.