Jenis Besi WF dan Harganya

0 Comments
ilustrasi jual besi

Salah satu material dalam bangunan yaitu besi wf. Besi wf atau besi wide flinge pasti tidak asing lagi di telinga para pemborong, karena salah satu jenis besi ini sering sekali digunakan dalam proyek pembangunan gedung, taman ataupun jembatan. Besi wf memiliki banyak kelebihan yang membuat pemborong mau memilih material ini.

Toko jual besi wf mudah sekali ditemukan karena biasanya banyak toko bangunan yang menjual, serta pasti terdapat toko bangunan di setiap daerah untuk membantu menyediakan perlengkapan bahan bangunan. 

Namun, beberapa orang sering salah membedakan antara besi wf dan besi h beam. Besi WF dan besi h beam memang memiliki kesamaan sekilas secara fisik atau secara bentuk, namun sebenarnya mereka berbeda. Perbedaan besi wf dan besi h beam adalah dari ukurannya. Apabila besi memiliki ukuran lebar dan tinggi yang sama maka itu adalah besi h beam, namun apabila ukuran lebar dan tinggi besi tidak sama maka besi itu adalah besi wf.

Jenis Besi WF

Besi wf memiliki jenis – jenisnya berdasarkan ukuran lebarnya. Untuk panjang biasanya toko jual besi wf akan menyediakan panjang 12 meter. Jenis – jenis besi wf berdasarkan ukuran adalah 

  1. Besi wf 150
  2. Besi wf 200
  3. Besi wf 250
  4. Besi wf 300
  5. Besi wf 350

Setiap ukuran lebar besi wf tersebut pasti memiliki harga yang berbeda – beda. Harga besi wf di setiap toko bangunan dan toko bangunan online juga biasanya berbeda – beda, namun kisaran harga besi wf dapat dipastikan secara umum.

Harga Besi WF 

  1. Harga besi wf 150 adalah sekitar 1.300.000 hingga 1.500.000 rupiah
  2. Harga besi wf 200 adalah sekitar 2.000.000 rupiah lebih
  3. Harga besi wf 250 adalah sekitar 4.000.000 rupiah
  4. Harga besi wf 300 adalah sekitar 6.000.000 rupiah
  5. Harga besi wf 350 adalah sekitar 9.000.000 rupiah

Itu adalah harga besi wf batangan. Harga jual besi wf juga dapat berubah sewaktu – waktu. Sehingga, pembeli besi wf harus memperhatikan update terbaru dari harga besi wf dengan mencari tahu di internet.

Ketika membeli besi wf, semua pembeli diharapkan teliti dan mendapatkan harga yang terbaik baik di toko bangunan terdekat maupun toko bangunan online. Akan lebih aman jika pembeli besi wf bisa memastikan terlebih dahulu besi wf nya dengan mendatangi toko bangunan secara langsung.

Selain itu, dengan membeli besi wf, pembeli harus memperhatikan apakah besi wf tersebut memiliki standar SNI (Standar Internasional Indonesia). Hanya dengan besi wf berstandar SNI yang seharusnya dibeli oleh pemborong agar  struktur bangunan menjadi lebih kokoh dan tahan lama.


Leave a Reply

Your email address will not be published.