Jual Mesin Genset – Ketahui Cara Kerja Mesin Genset

0 Comments
ilustrasi jual mesin genset

Mesin Genset atau Generator set merupakan mesin yang memiliki fungsi untuk memasok daya listrik. Mesin ini berguna untuk menyuplai listrik ketika listrik PLN padam. Selain mengetahui cara kerja mesin genset di tempat jual mesin genset, Anda juga dapat mempelajarinya sendiri pada ulasan berikut ini.

Cara kerja mesin genset

Cara kerja atau mekanisme kerja mesin genset sebenarnya tidak terlalu rumit. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana mesin ini bekerja dan dapat menghasilkan listrik. Pengoperasian mesin genset harus dilakukan sebaik mungkin sehingga dapat beroperasi dengan baik dan mesinnya dapat lebih awet.

Pada umumnya, mesin genset dapat mulai bekerja ketika listrik padam. Ada dua jenis mesin genset, yaitu manual dan otomatis. Berikut adalah cara kerja mesin genset:

Genset Otomatis

Mesin genset otomatis berarti mesin ini dapat menyala secara otomatis. Genset ini disebut juga genset ATS. Cara kerja genset ini disetting otomatis menggunakan timer sehingga ketika listrik dari PLN padam, mesin genset untuk menyuplai listrik pun akan menyala secara otomatis.

Kemudian ketika listrik PLN nyala kembali, genset ATS ini akan mengalihkan supply dari genset ke listrik PLN sehingga genset akan otomatis mati. Hal ini dapat terjadi secara otomatis dalam sekitar 5 detik. Karena itulah mesin genset jenis ini lebih banyak digunakan karena cara kerjanya yang mudah dan tidak merepotkan.

Genset Manual

Berbeda dengan genset otomatis, jenis genset manual dapat beroperasi ketika listrik PLN mati dalam waktu sekitar 20 detik. Selama waktu tersebut, genset akan ditopang dengan Automatic Voltage Regulator (AVR), yaitu komponen yang terdapat pada bagian Mutual Reactor atau MT.

Komponen tersebut merupakan jenis trafo CT (Current Transformer), yaitu komponen yang menghasilkan arus listrik besaran arus beban. Genset ini dilengkapi dengan system governor yang dapat menjaga kestabilan RPM kemudian menghasilkan putaran stabil ketika terdapat beban maupun tidak ada beban.

Itulah jenis mesin genset dan cara kerjanya yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk datang di tempat jual mesin genset.


Leave a Reply

Your email address will not be published.