Cara Mengetahui Kesuburan Wanita dengan Harga Tes Ovulasi

0 Comments
mengetahui kesuburan wanita dengan alat tes ovulasi beserta harganya

Mengetahui masa subur seseorang menjadi salah satu hal penting selama program kehamilan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan harga tes ovulasi.

Dimana tes tersebut dapat digunakan untuk wanita yang siklus mensnya tidak teratur. Umumnya, masa subur wanita dimulai sekitar 10–14 hari sebelum masa haid selanjutnya datang.

3 Cara Mengetahui Masa Subur Wanita  dari Harga Tes Ovulasi 

Masa subur seorang wanita terjadi ketika mengalami ovulasi, yakni proses di mana sel telur dilepaskan dari indung telur melanjutkan ke saluran tuba falopi. Sehingga akan siap untuk dibuahi oleh sperma.

Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi kurang teratur, akan sulit mendeteksi kapan tubuh melakukan ovulasi setiap bulannya. Oleh karena itu, memerlukan alat tes masa subur. Di bawah ini ada beberapa harga tes ovulasi yang dapat digunakan untuk mengetahui masa subur. 

  1. Ovulation Test Pack

Ovulation test pack mudah sekali digunakan, karena Anda hanya perlu meneteskan urine ke alat tersebut. Alat tes dari masa subur ini akan bekerja dengan mendeteksi perubahan luteinizing hormone (LH) pada urine.

Apabila produksi hormon LH mengalami peningkatan, maka masa ovulasi akan segera tiba. Sementara itu, ini merupakan waktu terbaik untuk melakukan hubungan seksual bila sedang merencanakan kehamilan.

Alat ini terbilang sangat efektif untuk mengetahui masa subur wanita, karena 98% hanya dipakai sekali. Namun, alat ini tidak bisa digunakan pada wanita yang memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan Luteinized Unruptured Follicle Syndrome (LUFS). Keadaan ini yang akan mempengaruhi hormon LH.

Sebelum Anda berminat membeli ovulation test pack, tanya terlebih dahulu kepada apoteker.

  1. Pengukuran Suhu Basal

Pengukuran suhu basal tubuh merupakan suhu tubuh saat beristirahat. Cara ini bisa dilakukan menggunakan termometer yang dilengkapi pengukur khusus suhu basal tubuh. 

Gunakanlah termometer saat bangun tidur, sebelum pergi dari tempat tidur. Pasalnya, suhu badan wanita tidak akan berovulasi antara 36,2–36,5°C. 

Namun, saat Anda mengalami ovulasi, maka suhu tubuh mengalami peningkatan sekitar 0,5–1°C dari suhu normal. Hal ini karena adanya hormon progesteron.

  1. Lendir Serviks

Selain kedua dari alat tes masa subur di atas, perubahan lendir serviks juga bisa dijadikan acuan. Kondisi dari lendir serviks dapat berubah ketika sel telur mulai dilepaskan. 

Perubahan lendir serviks ini biasanya dipengaruhi oleh hormon yang mengatur ovulasi. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan ini beberapa kali dalam satu hari. Apabila tidak ada lendir pada vagina, berarti Anda tidak dalam masa subur.

Itu saja informasi menarik dari harga tes ovulasi. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui referensi alat masa subur wanita. Selamat mencoba jangan pernah menyerah, terus berjuang ya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.